Program Director Sigma Radio STT PLN

Jumat, 01 Januari 2016

Bootloader Pada Linux

Boot Loader digunakan untuk mem-boot atau memanggil sistem operasi yang ada pada hard disk atau media boot lainnya seperti flashdisk (contohnya GRUB dan LILO). Pada sistem operasi multiboot pada hard disk tersebut memiliki lebih dari 1 sistem operasi. Pada kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengganti background, memberikan password, serta bagaimana cara mengenkripsi password pada grub bootloader.


Berikut ini tahapan untuk mengganti background pada bootloader atau Grub :
  1. Masuk ke root = $ su -
  2. Melihat isi grub = # vi /boot/grub/menu.lst
  3. Pilihlah satu gambar lalu buka gambar tersebut menggunakan aplikasi GNU Image Manipulation Program, setelah itu lakukan beberapa langkah sebagai berikut = image-scale image(640x480) , lalu image-mode-indexed-Maximum Number of Colors(14), setelah itu save as gambar dengan format '.xpm'
  4. Lakukan extract data = # gzip /home/user/Desktop/ Gambar.xpm
  5. Kemudian pindahkan data = # mv /home/user/Desktop/ Gambar.xpm.gz /boot/grub/
  6. Untuk melihat file ada atau tidak = # cd /boot/grub 
  7. Masuk kembali ke isi grub, lalu ganti splashimage menjadi nama gambar yang telah kita edit sebelumnya
  8. Reboot.
Setelah proses reboot selesai maka gambar yang telah Anda edit tadi sudah menjadi background pada saat Anda memilih sistem operasi atau pada bootloader.

Berikut ini tahapan untuk memberikan password pada Grub :
  1. Masuk ke root = $ su - 
  2. Lalu ketikan perintah = # vi /boot/grub/menu.lst , di dalam konfigurasi inilah kita dapat memberikan password pada grub dengan 2 cara yang berbeda. 
  3. Password diletakkan di atas title = Peletakkan ini akan menyebabkan menu tidak dapat diubah pada waktu grub ditampilkan. Apabila ingin mengubah menu maka pengguna harus menekan tombol "p" terlebih dahulu dan memasukkan password. 
  4. Password diletakkan di bawah title = Efek dari pemberian password dengan cara ini ketika anda memilih suatu OS, maka Anda akan dimintai password agar Anda dapat masuk ke OS tersebut.

Berikut ini tahapan untuk mengenkripsi password pada Grub :
  1. Masuk ke root = $ su -
  2. Ketik perintah = # grub-md5-crypt (anda diminta menuliskan sebuah password tetapi password yang akan muncul berbentuk enkripsi. Copy kalimat enkripsi tersebut)
  3. Masuk ke file konfigurasi = # vi /boot/grub/menu.lst (paste kalimat acak dengan format : password --md5 <paste kalimat acak>)
  4. Reboot.
Sekian penjelasan mengenai bootloader pada linux. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar